K P H | Pembelajaran | KPH Jogja

Publikasi KPH

Iklan
Iklan
Iklan

ADMIN KPH

SURVEI PENGGUNA

SURVEI PENGGUNA
 

4.3. KPH Yogya


Pembelajaran KPH Yogya

Pengelolaan kawasan hutan di DIY telah dilakukan sejak pada jaman Belanda berdasarkan UU Agraria, 1870 dan Bosch Ordonantie, 1927 dalam bentuk Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH). Selanjutnya menurut Undang-undang No 3 pada tahun 1950 pengelolaan Daerah Hutan Yogyakarta dilakukan oleh pemerintah propinsi DIY dengan luas 7.016 ha. Seiring berjalannya waktu melalui Keputusan Kepala Dinas Kehutanan Propinsi DIY No. 0659/918 tanggal 20 April 1998 disusun suatu organisasi Dinas Kehutanan Propinsi, dimana kawasan hutan terbagi menjadi 6 BDH

Perubahan struktur organisasi pada tahun 2000, pengelolaan kehutanan dikelola oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi DIY. Pada tahun 2008 Dinas kehutanan dan Perkebunan telah mempunyai Unit Pelaksana Teknis Daerah yang ditugaskan untuk mengelola hutan yang dikenal dengan Kepala Balai

Selanjutnya, perkembangan pengelolaan hutan secara nasional harus dilaksanakan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan. Kesatuan Pengelolaan Hutan di provinsi DIY dimulai tahun 2009 dengan nama Kepala Balai Kesatuan  Pengelolaan Hutan Yogyakarta yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi DIY. Fungsi Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi DIY tidak sebagai pelaksana pengelola hutan tetapi sebagai pengendali.

Pembangunan KPH Yogyakarta dimulai pada tahun 2006 dengan kegiatan rancang bangun KPHP provinsi DIY. Kegiatan ini dilanjutkan dengan arahan pembentukan dan penetapan KPH Yogyakarta. Penetapan KPH Yogyakarta oleh Menteri Kehutanan dengan SK No.SK.439/MENHUT-II/2007 tanggal 13 Desember 2007, dengan luas kawasan hutan + 16.358,60 Ha. Rincian luas kawasan hutan tersebut adalah sebagai berikut:

- Hutan produksi : 13.411,70 Ha

- Hutan lindung : 2.312,80 Ha

- Hutan konservasi (Tahura) : 634,10 Ha.

Fasilitasi dalam rangka pembangunan KPH Yogyakarta ini dengan kegiatan formulasi kebijakan SDM, action plan pembangunan KPHP tingkat provinsi, lokalatih personil pelaksana KPH, pembentukan KPH. KPH Yogyakarta merupakan pengembangan UPTD pengolahan minyak kayu putih dengan nama Balai Pengolahan Hasil Hutan dan Perkebunan, kemudian menjadi Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan Yogyakarta.

 

 

 

 

 

 

Pengelolaan Hutan Yogyakarta yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi DIY.